Susasana IIMS 2013 di Both Toyota. |
Otomotif Indonesia, Jakarta - Akhirnya sehabis hampir 1 tahun kemudian sosok Toyota Agya masih samar2 alasannya menunggu kebijakan pemerintah akan proyek kendaraan beroda empat murah LCGC, sekarang penampakan dan sosoknya muncul di hampir semua media dan blog Otomotif nasional alasannya semenjak 9 September kendaraan beroda empat ini jadinya secara resmi di-launching untuk dijual ke konsumen tanah air.
Toyota kembali memajang dengan percaya diri Toyota Agya di ajang IIMS 2013 sekaligus mendapatkan pesanan bagi konsumen.
WAJAH TOYOTA AGYA
Toyota Agya TRD Sportivo |
Interior Toyota Agya |
Wajah Toyota Agya |
WAJAH DAIHATSU AYLA
Daihatsu Ayla X-Track |
Daihatsu Ayla X-Track |
Daihatsu Ayla X-Track |
Spesifikasi Toyota Agya
Engine/Mesin Toyota Agya
Berkode 1KR-DE khusus untuk pasar Indonesia, DOHC, 3 Cylinder 12 Valve, 1000 cc
Integrated Exhaust Manifold, Euro-2.
Kode mesin 1KR juga sukses digunakan pada mesin Toyota Yaris 1,000 cc di Jepang, Toyota iQ, Peugeot 107 dan Citroen C1 (Di Erope Toyota berkolaborasi di kelas mini engine dengan Citroen dan Peugeot). Mesin pada Toytoa Agya yakni FWD (Front Wheel Drive) atau aktivis roda depan sehingga lebih efisien dalam menyalurkan energi ke roda.
Power : 65 PS/6000 rpm (lebih bertenaga dari Xenia Li 1000 cc)
Torsi : 85 Nm/3600 rpm
Type mesin yang digunakan pada Toyota Agya berbeda dengan mesin punya Daihatsu Xenia 1000 cc, sehingga menghasilkan power dan torsi yang lebih besar dari Daihatsu Xenia. Bayangkan Toyota Agya yang 5 penumpang mempunyai power yang lebih besar dari kendaraan beroda empat Daihatsu Xenia yang 7 penumpang (63 PS)......tarikannnya niscaya jauh lebih baik dibandingkan kompetitornya di kelas yang sama.
Keungulan Mesin Baru Toyota/Daihatsu |
Data akselerasi Toyota Agya akan bermain di angka 12-13 detik untuk 0-100 km/jam (Tunggu test drive resminya)
Bensin yang digunakan yakni bensin tanpa timbal (premium) dan lebih baik kalau menggunakan pertamax sehingga performancenya akan maksimal.
Dimensi 3580 x 1600 x 1530 mm dengan Wheel Base (Jarak Sumbu Roda) 2450 mm. (Mungkin ini mengoreksi pemberitaan di banyak media yang menyatakan wheelbasenya 2730 mm)
Bandingkan dengan kendaraan beroda empat city car lainnya :
Jika dilihat dari Data ternyata Toyota Agya mempunyai dimensi yang bersaing dengan kelas di atasnya, walaupun secara panjang dan lebar lebih pendek tetapi tinggi dan wheelbasenya lebih dari Honda Brio, Suzuki Splash, dan Nissan March. Sehingga bisa dikatakan toyota agya dirancang jauh melebihi ekspektasi sebuah kendaraan beroda empat city car 1000 cc, wheelbase yang 2,450 mm mencerminkan nilai kestabilan yang lebih baik dalam membelah perkotaan.
Sasis : Transmisi 5 percepatan manual dan 4 percepatan type automatic
Sistem Kemudi ; Rack dan Pinion dengan EPS (Electric Power Steering)
EPS tidak saja menciptakan gerakan steer menjadi ringan tetapi yakni memperlihatkan karakteristik pengemudi yang optimal sesuai dengan kecepatan dan kondimi kemudi.
Suspensi:
Depan : Macpherson Struts dengan coil spring
Kelebihan suspensi Macpherson dibandingkan Double Wisbon (terkenal nyaman) yakni Ketangguhan dan Keawetannya yang lebih baik dalam kondisi jalan yang jelek. Sehingga suspensi ini masih sangat cocok diterapkan dikebanyakan kendaraan beroda empat di Indonesia kareka aksara jalanan yang bervariasi. Selain itu biaya perawatan suspensi Macpherson relatif lebih murah untuk ukuran pemilik kendaraan beroda empat jenis ini.
Belakang : Semi Independent Torsion Axle Beam dengan coil spring
Suspensi ini yakni kompromi antara kenyamanan dan cost, kendaraan beroda empat paling nyaman yakni yang menggunakan fully independen, Toyota Agya sebagai kendaraan beroda empat perkotaan cukuplah dengan semi independent torsion axle beam. Racikan dengan coil spring akan memilih apakah kendaraan beroda empat ini bisa gesit di jalanan perkotaan atau tidak.
Memakai Disk Brake 13 Inchi untuk roda depan dan tromol (drum) untuk roda belakang
Kelebihan rem cakran yakni tingkat pengereman bisa mencapai 100% alasannya brake pad bisa seluruhnya bergesekan dengan cakram tetapi alasannya pemasangannyaa terbuka harus rajin membersihkan kotoran disekitar cakarm semoga tidak menggores cakram yang berakibat penurunan tingkat pengereman.
Rem belakang kebanyakan kendaraan beroda empat menggunakan tromol alasannya sifatnya yang tertutup sehingga bebas dari kotoran yang biasanya paling banyak pada roda belakang.
Untuk Type E : 155/80/R13 Steel dengan epilog Dop
Untuk Type G dan TRD-S 175/65/R14 dengan Velg Allow Wheel
Roda Toyota Agya 175/65/R14 |
Ukuran ban Toyota Agya sama ibarat yang digunakan pada Honda Brio.
Radius 4.4 meter
Radius putar Toyota Agya sama dengan yang punya Daihatsu Ayla yang hanya 4.4 meter sangat gesit memutar di jalanan sempit perkotaan dan perumahan. Bandingkan dengan Honda Brio yang hanya 4.5 Meter, Honda All New Jazz 4.9 meter, Toyota Yaris dan Suzuki Swift 4.7 meter.
Ini gres gebrakan Toyota alasannya jadinya menyematkan 2 SRS air bag di semua line up Toyota Agya, hal ini belum dilakukan sekalipun di semua Line Up Toyota Innova. Kelihatannya Toyota ingin berkomitmen kepada fitur keselamatan kendaraan beroda empat yang bakal banyak dibeli oleh pemakai pertama sebuah mobil. Memang Toyota Agya dirancang dan disediakan bagi masyarakat yang hijrah dari kendaraan roda dua ke kendaraan roda empat, sehingga faktor keselamatan sangat diharapkan untuk mengantisipasi teladan perubahan cara mengemudi motor ke mobil. Atau memang Toyota mulai memperhatikan semua sektor line upnya dengan futir keselamatan yang memadai.
Toyota Agya dilengkapai dengan 2 SRS air bag yaitu Driver/Sopir Air Bag dan Front Passenger Air Bag.
Dual SRS Air Bag (Driver + Front Passanger) |
Cara kerja sebuah air bag yakni :
- Jika terjadi tabrakan depan, maka kecenderungan sopir dan penumpang depan akan terlempar ke depan sehingga benturan kepada beling depan dan dashboard kendaraan beroda empat tak terhindarkan......Dengan air bag maka sopir dan penumpang depan akan tertahan oleh air bag yang memgembang sehingga cedera parah akan terhindarkan.
- Air bag berisi gas nitrogen terkompresi, jikalau sensor yang mendeteksi perlambatan terntentu yang ekstrem (karena tabrakan) bekerja maka akan mengaktifkan sebuah inflator sehingga memicu proses pengelembungan air bag.
- Air bag akan banyak membantu menyelematkan pengemudi dan penumpang depan jikalau keduanya dalam posisi seat belt dipakai. Air bag tidak akan efektif jikalau seat belt tidak dipakai.
Air Bag dalam Posisi Bekerja |
Interior Toyota Agya
Toyota Agya mengambil basic interior dari Toyota Aygo.
Toyota Agya Interior |
- Meter terletak di depan driver memudahkan memonitor kondisi kendaraan, terdiri dari MID (Multi Information Display) pemakaian konsumsi bbm dan jarak tempuh kendaraan, speedometer jarum dengan display 0-200 km/jam, fuel indikator.
Spedometer + MID Toyota Agya |
- Terdapat 2 tombol pengatur blower dan Intensitas AC, kisi-kisi AC terlatak pada tengah konsol (2 buah), dan buah di kanan kiri dashboard menciptakan pengemudi dan penumpang depan eksklusif terkena hembusan ac yang bisa diatur posisinya
- Power window dengan autodown untuk pengemudi
- Central Door Lock
- Electric Mirror
- 2 Din CD/MP3/USB/Aux
- Terdapat 2 buah penyimpanan minuman ringan di masing-masing doortrim kanan-kiri.
- 1 Buah Kaca Pandangan belakang yang ditempatkan di tengah.
- 2 Buah cermin yang ditempatkan masing-masing di depan atas pengemudi dan penumpang depan.
- 1 Buah Konsole Box untuk menyimpan uang receh, minuman ringan dan lain sebagainya.
- Seat/jok dingklik depan yakni menggunakan material fabric bernuansa corak kehitaman.
- Masing-masing Jok/Seat terdapat Seat Belt untuk keselamatan, Tidak ada headrest ibarat kendaraan beroda empat lainnya, tetapi headrest yang menyatu dengan back seatnya. Nah......disini terdapat kelemahan apabila sang sopir berpostur tinggi, maka headrest standardnya tidak akan bisa menopang kepala....Kelihatannya memang kendaraan beroda empat ini untuk ibu-ibu, cukup umur atau siapapun yang berpostur < 170 cm.
- 2 SRS air Bag untuk pengemudi dan penumpang depan.
Rear Interior :
Bagaimana jikalau Daihatsu Ayla/Toyota Agya dibelah dan ditelanjangi :
Toyota Agya Interior Baris ke-2 |
- Sangat lapang untuk kendaraan beroda empat city car, kelapangannya bisa mengalahkan Honda Brio, Suzuki Splash, Nissan March dan Kia Picanto........Bahkan bisa menyamai kelapangan Toyota Yaris dan Honda All New Jazz. Kabin belakang bisa nyaman untuk penumpang dengan tinggi 180 cm alasannya struktur body Toyota Agya yang mempunyai tinggi 1530 mm.
- Terdapat 2 buah Headrest untuk penumpang belakang........ini sangat membantu kenyamanan dikala kendaraan beroda empat diajak perjalanan jauh. Hal ini sangat berbeda dengan kendaraan beroda empat citycar lainnya ibarat Honda Brio dan Nissan March.
Toyota Agya Jok Belakang |
- Terdapat 2 buah Seat Belt sebagai perlengkapan keselamatan untuk penumpang belakang.
- Masing-masing doortrim kanan-kiri mempunyai kawasan penyimpanan botol minuman ringan.
- Overall jikalau ingin mendapatkan kabin Agya yang lebih waah.....maka harus dilakukan penggantian karpet kendaraan beroda empat yang terkesan murahan/tipis, mengupgrade cover seat dari fabric ke semi kulit-kulit maka tampilan interiornya akan naik kelas juga.
Bagaimana jikalau Daihatsu Ayla/Toyota Agya dibelah dan ditelanjangi :
Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent