!---->

Type something and hit enter

ads here
On
Honda Brio Harga, Spesifikasi dan Akselerasi
Ilustrasi Honda Brio

Salam otomotif

Secara meyakinkan Honda Prospek Motor telah meluncurkan Honda Brio dikelas hatchback 5 penumpang dan bermain di kelas city car yang sudah sesak dengan persaingan oleh semua ATPM ibarat toyota, suzuki, nissan, cevrolet, kia dan hyundai. Di kelas ini telah ada banyak pilihan ibarat suzuki splash, daihatsu sirion, kia picanto, cevrolet sprak, kian rio, hyundai grand avega, nissan march dan tidak usang lagi produk kembar toyota agya-daihatsu alya. Bagaimana Honda bisa berani bermain di kelas ini ?

Ya, trend pertumbuhan otomotif dunia ada di negara berkembang dengan penduduk yang sangat banyak ibarat India, Indonesia, Brasil dan negara asia lainya. Karakteristik negara ini yaitu kemampuan membeli kendaraan beroda empat dikala PDB mendekati USD 5000 per tahun, dikala itulah mereka mulai bisa mempunyai kendaraan beroda empat dengan jalan kredit. Mobil yang akan booming dikala PDB UUSD 5,000 yaitu kendaraan beroda empat yang dijual dengan harga < Rp 150 juta atau bahkan di bawah Rp 100 juta.

Honda di Indonesia memang telah berpengalaman memasarkan kendaraan beroda empat dengan kualitas dan performance yang sangat baik sehingga mempunyai penggemar setia yang merupakan asset bagi Honda di Indonesia. tetapi semua ditebus dengan mahalnya produk Honda dibandingkan dengan brand yang lainnya sehingga sebagus-bagus penjualan Honda di Indonesia masih sulit untuk bisa menembus 5 besar produksi kendaraan beroda empat nasional.

Saat ini 2012 produk termurah kendaraan beroda empat Honda di Indonesia yaitu Honda All New Jazz type S 1500 CC seharga hampir Rp 200,000,000 sehingga tergolong mahal untuk bisa menjadi kendaraan beroda empat sejuta umat. Bandingkan dengan kompetitornya yang sudah bisa menjual kendaraan beroda empat seharga hanya < Rp 150,000,000 ibarat Daihatsu Sirion, Kia Picanto, Suzuki Splash, Suzuki Karimum bahkan tentangan terdekatnya Toyota Yaris bisa dibeli dengan harga Rp 170,000,000 (Setelah Diskon).

Dengan potensi pertumbuhan ekonomi di negara berkembang ibarat di Indonesia, maka akan terjadi booming pembelian kendaraan beroda empat di tahun-tahun mendatang sehingga kendaraan beroda empat murah akan menjadi animo di negara tersebut tak terkecuali di Indonesia. Honda sadar betul momentum itu tidak akan usang lagi sehingga mereka harus bisa memasarkan produk Mobil yang bisa dijangkau oleh masyarakat Indonesia. Inilah pertama kali Honda bermain di kelas cc kecil < 1500 cc yang sebelumnya menjadi kekuasaan daihatsu di seluruh dunia.

Setelah di pamerkan di IIMS 2011 yang kemudian dan melaksanakan test pasar di Indonesia selama 1 tahun, hasilnya Honda secara meyakinkan me-launching Honda Brio 1300 cc tgl 2 Agustus 2012 dengan spesifikasi & type sebagai berikut :

Mesin :

1,339 cc, 1.3 L SOHC 4 Cylinder , 16 valve i-Vtech

(Mesin ini sama dengan yang ada pada Honda All New Jazz dengan cc lebih kecil)

Tenaga/Torsi

100 bhp, 127 Nm (yang terbesar di kelasnya)

Transmisi

5 Percepatan FWD (Penggerak Roda Depan)

Ukuran


(3610 x 1680 x 1485) mm ; Sumbu 2345 mm, Tangki 35 L

Berat/Tenaga

925 kg/100 bhp = 9.25 kg/bhp

Rem

Depan Cakram, Belakang Tromol

Suspensi

Depan MacPerson Struts with Stablizer Bars, Belakang H-Shape Torsi Beam

Fitur Safety


ABS dan 2 Air Bag di Depan, Grade Logic Control

Data Performance : 

Akselerasi 0-100 km sekitar 11-13 detik

Kecepatan Maksimum 150 km/jam (bisa lebih bila berani)

Konsumsi BBM berkisar 12-15 km/ltr (dalam kota) dan 15-20 km/liter (konstan tol).

  • Honda Brio type S Manual seharga Rp 149,000,000
  • Honda Brio type S Automatic seharga Rp 159,000,000
  • Honda Brio type E Manual seharga Rp 160,000,000
  • Honda Brio type E Automatic seharga Rp 170,000,000

Interior Honda Brio

Dengan melihat harganya maka Honda Brio diposisikan untuk mengambil pasar yang sudah diisi oleh Suzuki Splash, Kia Picanto, Daihatsu Sirion, Nissan March, Kia Rio dan Hyundai Grand Avega. Artinya Honda ingin memperlihatkan produk yang lebih dibandingkan dengan kompetitornya sehingga sasaran 1,000 unit/bulan bisa diraihnya. Bagaimana spesifikasi Honda Brio dibandingkan kompetirornya :

Harga

Honda Brio selalu memposisikan harga di atas kompetitornya dengan konsekuensi konsumen mendapat kelebihan performace dan value for money. Inilah yang menciptakan Honda selalu bisa tampil beda sehingga untuk masyarakat dengan minded tertentu niscaya menentukan Honda dibandingkan brand lainnya.

Sebenarnya harga 150-170 jutaan untuk kendaraan beroda empat 1300 cc masih tergolong mahal alasannya bersinggungan dengan harga Toyota Yaris J atau E Manual yang mempunyai 1500 cc, Nissan March XS yang merupakan type tertinggi Nissan March, Kia Rio dan Hyundai Avega. tapi Honda selalu berani dan yakin bahwa rentang harga tersebut masih bisa dijangkau para pecinta Honda.

Kesimpulan : Dengan harga Rp 150 - 170 juta sangat sulit mendapat angka penjualan > 1,500 Unit/Bulan alasannya di rentang harga ini sudah banyak kompetitor yang sudah eksis sebelumnya bahkan harganya masih jauh lebih murah dibandingkan Honda Brio. Tentu tidak semua masyarakat Indonesia tahu dan memahami bagaimana keunggulan spesifikasi mesin Honda alasannya mereka lebih menentukan harga yang realistik dibandingkan keunggulan teknologi kendaraan.

Performance

Bagi pecinta performance kendaraan beroda empat hatchback dengan banyak sekali modifikasi maka banyak kendaraan beroda empat yang tenaganya jauh di atas tenaga Honda Brio yaitu hatchback di kelas 1500 cc, tetapi untuk kelas 1300 cc Honda Brio menjadi yang terbesar dengan 100 bhp dan 127 Nm. Performace Honda Brio memang bukan yang terbaik alasannya masih ada Daihatsu Sirion yang mempunyai akselerasi bisa menyentuh 0-100 km/l hanya butuh 10.4 detik (Pengetesan Media Otomotif) atau Suzuki Splash 0-100 km/jam dalam 12 detik.da

Apa kelebihan Honda Brio dibandingkan kompetitornya : Tentu teknologi yang diklaim Honda terutama transmisi otomaticnya yang 5 percepatan mengakibatkan putaran mesin lebih halus dan ekonomis dengan rentang perpindahan gigi yang pendek sehingga 80-100 km putaran mesin tidak lebih dari 2000 rpm. Teknologi lainnya yaitu GLC (Grade Logic Control) yang mengatur perpindahan gigi dikala menanjak dan menurun sehingga tetap terjaga akselerasi dan konsumsi materi bakarnya. Ada juga Shift Hold Control yang mengendalikan/mengurangi perpindahan gigi di tikungan sehingga tetap nyaman.

Kesimpulan : Dengan tenaga terbesar di kelasnya memang Honda Brio menjadi pilihan yang masuk nalar dibandingkan kompetitornya tetapi performance yang tinggi di kelas ini memang bukan menjadi pilihan utama alasannya body dan berat kendaraan yang relatif ringan < 1 ton. Justru kelincahan menembus kemacetan dalam kota, akselerasi, kenyamanan dan keiritan materi bakar akan menjadi pertimbangan bagi pecinta kendaraan beroda empat di kelas < 1500 cc. Di sisi performance Honda Brio mendapat tentangan berat dari Nissan March, Daihatsu Sirion dan Suzuki Splash.

Kabin

Siapapun akan memahami bahwa membeli kendaraan beroda empat berarti membeli kenyaman dan kelegaan kabin alasannya driver dan penumpang akan menghabiskan waktunya di perjalanan di atas kabin. Kabinlah yang justru paling menentukan untuk kelas city car < 1500 cc alasannya dengan cc yang relatif kecil maka bobot kendaraan akan dikurangi dengan cara mendesain kabin yang lebih kecil dibandingkan kelas di atasnya. Di sinilah perlunya desain kabin yang menggabungkan kenyamanan driver dan penumpang dengan kelegaan bagai untuk memuat barang bawaan. Honda All New Jazz menggabungkan kelegaan kabin penumpang dan bagasi, bagaimana dengan Honda Brio ?

Interior Honda Brio

Bagasi Honda Brio

Karena dimensi yang lebih kecil dibanding All New Jazz maka Honda Brio mempunyai kabin yang relatif sempit sehingga untuk mendapat ruang bagasi yang lebih lapang, maka harus dilakukan pelipatan dingklik belakang. Sedangkan untuk bagasi depan dan tengah penumpang hampir sama dengan kompetitornya sehingga desain dingklik belakang menentukan akomodasi melaksanakan pelipatan dikala diinginkan ruang bagai yang lebih lapang.

PERTARUNGAN KUNCI

  • Tenaga Terbesar : Ya (100 bhp di kelasnya)
  • Fitur Safety : Terbaik dengan ABS dan 2 Air Bag
  • Akselerasi  : Bukan yang terbaik (masih ada Daihatsu Sirion)
  • Handling : Belum teruji (masih ada Suzuki Splash yang lincah di perkotaan)
  • Bagasi : Relatif Sempit tapi ada mode pelipatan dingklik belakang yang sangat mudah.
  • Value for Money : Relatif terjaga ibarat produk Honda Lainnya.
  • Harga : Relatif Mahal dibanding rivalnya tetapi mendapat fitur di atas rivalnya.
  • Konsumsi BBM : Bukan yang terbaik alasannya cc yang lebih besar dari rivalnya
  • Kenyamanan : +/- dibandingkan rivalnya.

Kesimpulan :

Honda selalu tampil lebih dibandingkan rivalnya sehingga mempunyai nilai tersendiri bagi para pemiliknya. Demikian pula Honda Brio tampil dengan model bonet yang khas dengan beling lapang, tenaga terbesar di kelasnya dan banyak sekali fitur keselamatan ibarat ABS + 2 Air Bag serta teknologi Control Percepatan mengakibatkan Honda Brio akan mencuri penjualan di kelas city car 1500 cc.

Pesaing terbesar yaitu : Toyota Agya-Daihatsu Alya yang segera akan meluncur di gelaran IIMS 2012 dengan hanya mengandalkan 1000 cc, dan juga Toyota Etios Liva yang akan meluncur di semester 1 tahun 2013. Sungguh sangat berat bersaing di kelas city car ini.

Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent

Click to comment