!---->

Type something and hit enter

ads here
On
 gambar 1 - kampas rem tromol aka brake shoe
otodiy.blogspot.com
Kampas rem belakang alias brake shoe nya udah kebeli barengan ama kampas rem depan. Harga 160ribu. Minggu pagi kerjain penggantiannya.

Step-step :
  • Ganjal roda depan, dongkrak, pasang jackstand.
  • Lepas roda
  • Lepaskan handbrake
  • Lepas penutup tromol (gambar 2)
    Pertama lepas sekrup nya, kedua pakai baut pasang di lubang tromol untuk melepaskan cover tromol. Detail step pernah newbie tulis di sini.

 gambar 2 - sekrup dan lubang baut untuk mencabut cover tromol
 gambar 3 - bagian-bagian yang perlu dilepas
 gambar 4 - per bawah juga perlu dilepas

  • Terlihat di gambar 3 dan 4 bagian-bagian yang perlu dilepas. Foto-foto aja dulu supaya nanti jika mau pasang lagi ada referensi, jika ga ya lihat roda sisi satunya lagi.


 gambar 5 - ini tanda penguncian mekarnya brake shoe

  • Untuk memudahkan melepas per (panah hijau), di gambar 5 terlihat "brake strut assy" yang fungsinya menyesuaikan dengan mekarnya brake shoe, mekanismenya jika semakin mekar dan menahan brake shoe ke posisi yang mendekati cover tromol. Makara jika kampas rem semakin tipis tetap mampu melaksanakan pengereman alasannya "brake strut assy" melaksanakan adjustment.
    Nah supaya mudah / ringan narik per-nya (panah hijau), kembalikan saja (reset) ke posisi paling longgar dengan cara tekan panah kanan dengan obeng, nanti yang dilingkari merah akan semakin karam dan brake shoe semakin mingkup.
  • Lepas per panah hijau
  • Lepas per bab bawah ibarat terlihat di gambar 4

 gambar 6 - spring hold down

  • Lepas spring penahan brake shoe (gambar 6), tekan dan putar pin di bulat merah itu. Spring ada satu di kiri, satu di kanan. Bila terlepas terlihat pin nya (gambar 7), mampu dilepas keluar dengan cabut dari balik tromol.

 gambar 7 - pin penahan brake shoe
 gambar 8 - spring kiri dan kanan sudah terlepas

  • Lepas  spi / circlip penahan pin handbrake (gambar 9 yang dilingkari merah)

 gambar 9 - spi penahan pin handbrake

  • Berikutnya lepas per yang ditunjuk panah merah di gambar 9.
  • Selanjutnya brake shoe dapat dengan mudah terlepas. Susunannya kurang lebih ibarat di gambar 10 berikut :

gambar 10 - susunan brake shoe
 gambar 11 - diagram susunan brake shoe
gambar 12 - brake shoe lama ditumpangkan di brake shoe baru. 
Terlihat di gambar 12 , brake shoe bab depan lebih cepat aus dibanding bab belakang. Bisa aja sih jika mau dituker posisinya supaya kampas rem mampu aus lebih merata dan dipakai lebih lama. Karena brake shoe bentuknya identik dan mampu dibolak balik.
 gambar 13 - Brake strut assy
 gambar 14 - brake strut assy
 gambar 15 - brake strut assy

  • Nampak gambar 13 hingga 15 yaitu brake strut assy yang mampu automatic adjust mekarnya brake shoe. Di gambar 13 nampak bila terdorong masimal, dan gambar 15 yaitu posisi minimum. Arah putarannya one way aja alasannya ada gerigi yang menahan berputar arah berlawanan. Bila di langkah di atas dengan cara congkel supaya geriginya ga gigit jadi mampu dibalikin putar, tapi dengan kondisi terlepas mampu dilepas total ibarat gambar 14 dan diputar terus hingga kondisi ibarat di gambar 15.
    Putar saja hingga ibarat di gambar 15, alasannya nanti kampas rem yang gres lebih tebal, supaya cover tromol mampu masuk kembali

 gambar 16 - master cylinder bawah

  • Tekan balik master cylinder balik  (gamabr 16) supaya brake shoe yang gres mampu lebih mingkup. Nanti jika sudah terpasang cover tromolnya, mampu dikembalikan dengan cara injak-injak pedal rem dan brake strut assy akan otomatis menyesuaikan lagi.
    Kalau nekannya berat juga mampu dengan mengendorkan nepel untuk kuras rem. Cuman nanti pastikan melaksanakan bleeding rem sebelum kendaraan beroda empat dipakai.
  • Sebelumnya sekalian bersih-bersih dari debu termasuk cover tromolnya juga dibersihkan. Bisa dengan sikat gigi bekas atau mau dicuci dengan air dan sabun juga bisa.
  • Pasang kembali

gambar 17 - pasang kembali

  • Lanjutkan rem sisi satunya.
  • Test rem, bleeding rem bila diperlukan.

regards,
singachu