!---->

Type something and hit enter

ads here
On
Mobil Murah Ditolak di Jakarta
Mobil Murah Ditolak di Jakarta

Otomotif, Jakarta - Program Menperindag MS Hidayat soal kendaraan beroda empat murah mendapat penolakan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Pemerintah diminta tidak terlalu egois tanpa memikirkan dilema yang dihadapi.

"Pemerintah bergerak sendiri-sendiri dengan ego sektornya yang menonjol daripada satu kerjasama lintas sektor untuk permasalahan bersama," ujar Anggota Komisi V DPR Saleh Husein kepada detikcom, Jumat (13/9/2017).

Program kendaraan beroda empat murah tidak akan cocok untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan melihat volume kendaraan yang ada dikala ini. Justru kehadiran aktivitas itu akan memperparah Ibu Kota negara.

Menurut Saleh, daripada aktivitas kendaraan beroda empat murah, seharusnya pemerintah lebih fokus pada pengadaan angkutan umum massal yang memadai, dan dengan harga murah.

"Untuk semua rute sehingga masyarakat dapat beralih dari kendaraan langsung ke angkutan umum massal," kata Saleh.

"Jadi kami tentu sepakat dengan pemprov DKI yang keberatan untuk dilema ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat meminta Jokowi tidak khawatir akan aktivitas kendaraan beroda empat murah. Menurut Hiayat, aktivitas tersebut tidak akan terfokus di Jakarta dan menambah kemacetan di Ibu Kota.

"Kan sekarang launching, launchingnya nggak di Jakarta tapi di seluruh Indonesia. Makara Pak Jokowi nggak usah khawatir, sebab nggak hanya dijual di Jakarta saja, tapi ke ratusan kota di Indonesia," kata Hidayat, Kamis (12/9) kemarin.

Jokowi yang ditanyai awak media soal pendapatnya mengatakan menolak dengan adanya aktivitas kendaraan beroda empat murah. Kekhawatiran Jokowi beralasan sebab aktivitas itu akan membuat Jakarta semakin macet. "Nggak," tegas Jokowi.