ALL NEW HILUX DOUBLE CABIN. (Foto toyota.astra.co.id) |
Otomotif Indonesia, Jakarta - Layaknya tokoh super hero, kehadiran Toyota New Hilux double cabin memang menjadi salah satu solusi handal bagi para pecinta kendaran komersil.Varian terbaru yang merupakan hasil revisi dari generasi sebelumnya telah membuat tampilannya kian menawan dan nampak jauh lebih anggun meski darah sejatinya sebagi sebuah kendaraan pick up atau penunjang pengangkut barang tetap melekat.
Si Buas Bertopeng Anggun,mungkin ungkapan ini cukup mewakilkan gambaran dari keseluruhan Toyota New Hilux double cabin yang belum lama ini di lansir oleh Toyota Astra Motor.
Bagaiamana tidak, penyegaran pada sektor depan berupa model headlamp, bumper dan sampai foglamp dan juga corak stop lamp gres membuat tampangnya terlihat anggun di balik kebuasan mesin diesel barunya yang menggunakan teknologi D-4D berkapasitas 2.500 cc dan telah terintegrasi dengan Common Rail VN Turbo Intercooler alias VNT yang bisa menunjukkan tekanan udara lebih besar pada putaran mesin rendah daripada Turbocharger biasa berukuran sama yang secara otomatis menjadikan Hilux double cabin memiliki torsi cukup padat di putaran mesin rendah.
Saat merasakan Toyota New Hilux beberapa ketika lalu, tim BosMobil sengaja membawanya kesuatu tempat di daerah Jawa Barat. Saat memasuki tol dalam keadaan yang sedikit sepi di pagi hari, hasrat untuk menginjak pool pedal gas si warak dari Toyota ini pun tercapai.
Tarikan demi tarikan terasa bertenaga, putaran bawahnya begitu padat sehingga karakteristik mesin diesel yang diusungnya begitu terasa. Tiap perpindahan gigi walau berada berada pada rpm rendah tetap menunjukkan torsi yang cukup besar sampai memgalirkan hentakan bertenaga yang dapat diterasa. Putaran atasnya pun tak kalah gahar, mesin terus mengisi sampai total angka 170 Km/jam bisa ditembusnya, namun efek limbung juga tak dapat dihindari dan sangat terasa, sebab memang biasanya kendaraan beroda empat yang memiliki ground cleaners tinggi cenderung mengalaminya.
Puas mengetes performa tarikannya, giliran mengetes ketangguhannya sebagai kendaraan medan berat dengan menanjak bukit. Kolaborasi trek jelajahnya cukup beragam, mulai dari jalan bebatuan ketika melewati perkampungan sampai tanah dengan dimensi ruas jalan yang pas-pasan dengan ukuran bodi Hilux ini. Melintas trek berbatuan seakan tak banyak menguras tenaga Hilux, dengan proposisi kaki-kaki yang mantab memungkinkan Hilux melibas habis treknya.
Begitu juga ketika menghadapi medan tanah dan menanjak,penuh dengan tikungan dan ruas jalan yang cukup sempit, di sini benar-benar di uji ketangguhannya. Tanpa banyak memikirkan ancang-ancang, ketikan tim sedang berjalan kalem menggunakan gigi 3 dan menghadapi tanjakan terjang, cukup dengan mengopernya ke posisi 2 dan menekan gas sedikit lebih dalam, Hilux pun bisa melewatinya dengan mudah tanpa harus mamaksakan tenaga mesin sampai meraung.
Walau memiliki bobot yang berat dengan tampilan bodinya yang kekar, namun terasa ringan mengendarainya ketika melewati tikungan dengan kecepatan sedang dan posisi jalan tanah dan berbatuan. Benar-benar nikmat untuk diajak berpetualang ... terlebih, isi kabin Hilux sangat lega sampai bisa menunjukkan kenyaman terhadap penumpang yang berada di adegan kabin belakangnya.
Belum lagi, New Hilux tipe G telah dilengkapi dengan sarana hiburan Audio yang cukup lengkap dan menghilangkan kesan kendaraan komersil yang biasanya hanya dilengkapi sarana seadanya, mulai dari pemutar cd dan MP3, koneksi AUX-in dan juga USB telah tersedia dan dapat menemani petualangan anda.Satu lagi kelebihan dari sisi interiornya, walau dipersenjatai dengan mesin diesel yang cenderung memiliki bunyi bising, namun ketika anda berada di dalam kabin bunyi bising dari mesin cukup minim didengar, apalagi jikalau anda telah menikmati alunan audionya.
Nah ... setelah menguji ketangguhanya, giliran mengajak Hilux jalan-jalan ke perkotaan untuk menandakan bahwa tampilan barunya tak hanya dapat dinikmati sebagai kendaraan komersil, namun cukup menawan juga untuk diajak mejeng di sentra keramaian yang biasa dijadikan tempat tongkrongan bawah umur muda.
Untuk merealisasikannya, sengaja tim memboyong si New Hilux ini ke kota Parahyangan, Bandung dan eksklusif menelusuri daerah Gedung Sate atau jauh lebih dikenal dengan daerah Gasibu yang mana sepanjang jalur ini sering dijadikan tongkrongan cukup umur Bandung. Hasilnya, New Hilux memang memiliki khasrismatik tersendiri, tak heran bila ketika mengendarai New Hilux dan melintas di daerah tersebut, banyak yang meliriknya, terlebih perpaduan warna putih yang menjadi kelirnya kian membuatnya mencolok ... Heheh ...