Gambar 1 - beludru dari karet beling luar / wheather strip sudah hancur |
Otomotif - Sebenernya udah tertangkap berair tidak mengecewakan lama, 4 pintu Aerio semua wheatherstripnya "melesak" ke dalam tanda sudah hancur. Dulu tahun 2013 pernah benerin untuk karet beling sisi supir Aerio saja.
Ternyata juga udah melesak ke dalam. Dan kebetulan dulu juga udah beli karet beling universal seharga 10.000 / pintu, sempet juga ganti karet beling luar Next G, cuman waktunya yang ketunda-tunda. Sekarang udah naik jadi 15rb / pcs. Ya udah Sabtu 21 Okt 2017 aja aja deh dikerjain, sekalian kerjakan 4 pintu.
Ternyata sisi supir yang dipasang tahun 2013 beludrunya masih baik hanya lem-nya lepas. Kalau dulu pakai Lem Fox kini coba pakai Lem G atau ada yang bilang Lem Korea, ntah lem apa sebenernya harga 5rb an.
Cuman alasannya yakni dulu yang sisi supir pernah di lem pakai lem Fox, kini karenanya preparasi lebih usang alasannya yakni mesti bersihkan dulu bekas / sisa-sisa lem yang usang supaya lem yang gres lebih merekat. Ini ada beberapa foto, detil foto lebih lengkap bisa dilihat di posting ini.
Gambar 2 - sudah dibersihkan, persiapan ambil beludru karet beling universal |
Gambar 3 - plat tulangan karet universal dibuang dengan cara belah karetnya |
Gambar 4 - tujuannya yang diambil yakni beludru halus ini |
Gambar 5 - terus belah dan keluarkan |
Gambar 6 - plat sudah dikeluarkan semua |
Gambar 7 - ukur panjang beludrunya |
Gambar 8 - ini lem yang dipakai |
Nah itu ada yang bilang Lem G ada yang bilang lem akrilik atau malah lem Korea, ntah yang mana yang bener, dapat beli online atau di toko bangungan juga ada jual, harga kira-kira di 5ribu rupiah. Sebotol aja masih sisa kok buat 4 pintu.
Berhubung ini "ketrampilan" tangan, jadi hasil tergantung tangan yang ngelem supaya lurus. Sedangkan karet beludru yang digunakan itu ga perlu sepanjang plastik/tulangan wheaterstrip yang usang alasannya yakni yang diharapkan hanya bab yang nempel dengan beling saja.
Gambar 9 - Selesai satu lanjut dengan wheather strip pintu yang lain sekalian |
Sembari nunggu lem sempurna, dapat bersihkan pintu bekas wheather strip dan beling dari bubuk yang menempel. Setelah itu pasang. Sebaiknya kendaraan beroda empat jangan dicuci dulu semalam dan beling jangan dinaik turunkan agar lem lebih merekat.
Gambar 10 - ini karet sisi dalam yang nempel beling yang pakai universal |
Gambar 11 - cukup bab beling saja karet beludrunya |
Gambar 12 - ini pola agak sedikit kepanjangan |
Putih-putih itu semacam bedak di karet universal yang masih baru, mungkin agar ga lengket selama penyimpanan. Ntar jika kendaraan beroda empat dicuci juga bakalan ilang, sementara biarin aja dulu. Tinggal nanti diliat lagi ketahanan lem G untuk karet beling ini, secara bab ini sisi luar yang kena panas dan hujan secara langsung.
Regards,
Singachu
Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent