!---->

Type something and hit enter

ads here
On
Long Term Report Shock Absorber Hotbits Di Innova D4D Dan Honda CRV
Gambar 1 - Shock dibuka dan diservice

Otomotif - As subject

DT-1 di MPV Diesel sejuta umat, lebih dari 5 tahun (rata-rata per tahun kendaraan beroda empat jalan 18 - 20.000 km)

HotBits Basic di CRV RE, udah ada 5 tahun (ini setahun paling jalan 6000 - 7000 km)

Untuk DT-1 di Innova :

Saat ketika awal :

Untuk DT-1 di Ipah dulu pada ketika saat awal dipakai, ada beberapa problem, ibarat seal paling atas rembes & oli keluar (di 1 shock)

Selama masa warranty ya ada 2 - 3X claim (shock-shock yang berbeda titik di 1 mobil)

Setelah seal-seal diganti dengan yang jenis lebih baik, problem-problem rembes jauhh berkurang / seal sangat awet, paling kalo udah lewat 2 tahun ya isi Nitrogen-nya lagi aja

Minggu kemudian shock overhaul ke-empat-empat-nya, total biaya habis Rp. 400 rb / shock (ganti semua seal / oli / Nitrogen isi ulang)

Kesimpulan sejauh ini :

Sempat kecewa juga dulu di saat-saat awal shock gres ada rembes-rembes, tapi sesudah ganti seal dengan yang lebih baik, reliability shock menjadi jauh lebih baik

Dan kini sesudah shock berusia 5 tahun lebih, cukup overhaul dan kinerja kembali ibarat shock kondisi baru

Untuk Innova, produk si HotBits ini ya sepakat lahhh.......dengan catatan : di kota kita ada service centre-nya

PRO :

Untuk yang mengutamakan kenyamanan maksimal

CON :

Faktor harga-nya yang tergolong sangat tinggi (perkiraan 11 jt-an)

Gambar 2 - Test tekan

Gambar 3 - Catridge strut shock CRV

Hotbits basic di CRV RE :

Terus jelas untuk yang ini saya agak heran

Shock depan bagus, no issue, walau beberapa bulan terakhir terdengar bunyi-bunyi kayak suara karet seret diputar ketika setir dibelokkan, jadinya shock di servis, hilanglah suara tersebut (padahal yang di Innova gak pernah ada bunyi-bunyi aneh)

Yang di roda belakang ada bunyi-bunyi semenjak lama, herannya agar bunyi-bunyi tapi bantingan tetap enak

Untuk bantingan sih enak, CRV jadi lebih nyaman dibanding shock standard-nya yang agak-agak kaku itu (Showa)

Kesimpulan :

Mereka perlu melaksanakan revisi untuk shock di CRV supaya lebih baik

Demikian report singkat

sesudah tadi siang shock belakang CRV di service total, hilang sudah "konser musik" nya :

Gambar 4 - Service Hotbits Basic

Gambar 5 - Service Hotbits Basic


Gambar 6 - Service Hotbits Basic

Setahu ane Service Center selain Jakarta ada di Surabaya

di Surabaya kerjasama dengan GBT Ngagel (pak Erwin Sumargo)

Untuk SOP service mereka harus diakui sangat baik, sebab SOP-nya mutlak sesuai isyarat Hotbits Malaysia

shock kotor sehabis dilepas dari kendaraan beroda empat juga dicuci dulu sampe bersih, gres dibongkar

tools bongkar pasang semua pake air tools / pneumatic, jadi torsi baut / mur semua pas / gak kira-kira

Pengisian Nitrogen juga semua diukur dengan alat ibarat batang penekan, sampe sekian puluh Kg (ada patokan tertentu)

Bukan seles hotbit

DT1 dapat disetel kekerasan

DT1 dapat upgrade ke DT2, dapat setel rebound, jadi setelan atas bawah.

DT1 di jakarta di MGK basement, area kerja bersama

Editor : Turboman / gajah_terbang
Sumber : Serayamotor

Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent

Click to comment