!---->

Type something and hit enter

ads here
On
Cara Ganti Motor Power Window Next G
Gambar 1 - Spool / rotor motor power window yang gosong

Otomotif - Newbie ngalamin musibah, motor power window sisi supir gosong total. Dari dongeng nyonya kronologis tiba-tiba motor power window macet, trus digunakan jalan mobilnya, tau-tau turun sendiri setengah dan berhenti. Setelah itu tercium busuk gosong terbakar dan sebab takut kesudahannya minggir di rest area tol. Newbie ke sana dan periksa, hasilnya motor sangat panas ga sanggup dipegang. Darurat kabelnya aja yang dicabut semoga ga terus menerus sanggup pedoman listrik, beling terpaksa tetap terbuka separo dan bawa pulang.

Sampai di rumah dibongkar dan ternyata gosong total, percobaan perbaikan tidak membuahkan hasil sebab memang newbie ga terlalu ngerti elektronik. Besoknya cari alternatif copotan termasuk alternatif bila pakai Honda City, prioritas tetep cari untuk aerio dulu semoga ga banyak ngubah. Ternyata sisi supir sedang kosong, adanya sisi kanan belakang seharga 250rb + ongkir 15rb. Ya udah dibeli aja dipindahin motornya ke episode depan.

Gambar 2 - Gosong, magnet pun ikutan terlepas keluar

Gambar 3 - Solderan sambungan carbon brush hingga leleh putus, holder plastik ada retak

Gambar 4 - Rumah magnet kondisi juga mengenaskan

Gambar 1 hingga 4 newbie coba solder ulang, tempel ulang magnet dan otak-atik beberapa kali masih belum membuahkan hasil. Mungkin mau newbie coba lagi bila pas sempet atau coba bawa ke tukang dinamo aja yang lebih jago, cuman sementara nunggu power window kanan belakang copotan aja.

Selasa dah tiba tapi beberapa hari ini pulang rada malam dan capek jadi males ngerjain. Kamis pagi pas bangun, dah cepet-cepetan aja ngerjainnya sebab mesti segera siap-siap antar anak sekolah dan berangkat kerja. So foto-foto juga minimalis, yang penting poin mindahin motor power window belakang untuk dipasang di regulator power window depan jadi terdokumentasi.

Untuk melepas regulator power window pernah newbie ulas di sini.

Gambar 5 - Motor power window belakang beserta regulatornya

Prinsipnya yakni diambil motor power windownya saja untuk episode kanan belakang. Selanjutnya dari regulator depan dicopot juga motor nya yang rusak, terus regulator beserta gulungan kawat seling depan dimasukkan ke motor power window belakang.
Gambar 6 - Sebab buru-buru salah congkel

Gambar 7 - Congkel, lho salah bukan yang ini, balikin lagi deh

Step-step :

Congkel plat epilog gulungan kawat seling (gambar 8). Sorry ga foto kunciannya, cuman ada dua aja kok, bila lihat barangnya niscaya ngerti deh.

Gambar 8 - Epilog gulungan kawat seling


Gambar 9 - Gulungan kawat seling terlihat

Berikutnya lepas gulungan berikut dudukan kawat seling ke arah regulatornya, sehingga nampak ibarat gambar 10. Setelah step ini maka motor episode kanan belakang sudah siap untuk dipindahkan ke regulator depan sisi supir.

Gambar 10 - Motor sudah terlepas dari regulator

Siapkan motor sisi supir, awalnya newbie coba mau lepas di pintu tanpa lepas regulator, ternyata space untuk keluarkan terlalu sempit, mau ga mau lepas regulator juga. Selain itu pertimbangan gulungan kawat seling episode depan gampang terurai, jadi mending dilepas aja semoga gampang nahan gulungan kawatnya.

Gambar 11 - Regulator depan dan motor power windownya siap untuk dipindahkan

  • Nah terlihat di gambar 11, sama sebenernya sudah, ada epilog gulungan kawat di motor power window sisi depan. 
  • Congkel plat penutupnya, hasilnya ibarat dengan gambar 9 
  • Lepas gulungan kawat seling depan, hasilnya ibarat dengan gambar 10. Cuman hati-hati untuk gulungan depan lebih gampang terburai, jadi tahan aja dengan tangan jangan hingga terburai semoga ga ribet gulung ulang. 
  • Berikutnya pindahkan gulungan kawat seling depan ke motor power window belakang yang sudah disiapkan. Dukukan plastik putihnya sama persis kok, jadi benar-benar plug and play. 
  • Nah hambatan yang terjadi yakni posisi kotak logam di motor PW belakang yang akan menggerakan gulungan kawat sanggup ga sama dengan posisi gulungan kawat PW depan, jadinya ga sanggup masuk, perlu diputer dulu semoga pas. Kendalanya yakni buat muterin logam kotaknya. 
  • Karena newbie kerjain sendirian dan takut gulungan kawat regulator terburai, maka newbie ikat gulungannya dengan tali rafia dulu. 
  • Berikutnya untuk memutar logam kotak sanggup dengan cara dialiri listrik supaya berputar, cuman bila ibarat ini mesti banyak coba-coba ngepasin, newbie putuskan pribadi keluarkan rotornya semoga logam kotaknya sanggup diputer-puter dengan tangan. Cara keluarkan rotornya pernah newbie ulas di sini. Cuman ini dilakukan posisi di luar pintu jadi jauh lebih mudah. 
  • Pas kan kotak pemutarnya dan paskan posisi plastiknya, masuk deh gulungan kawat seling ke motor power window belakang 
  • Pasang kembali plat penutupnya yang awalnya dicongkel di gambar 8 dan 9. 
  • Siap ditesting apakah sanggup naik turun dengan dialiri listrik. 
  • Berikutnya yakni ganti soket, sebab episode depan ada 5 kabel sedangkan episode belakang hanya 2 kabel, jadi bentuk soket beda, perlu dipindahkan. 
  • Untuk pindah soket ada 2 cara, lepas pin dari soket atau potong kabel dan solder. Newbie cara potong kabel aja deh semoga cepet kelar. Potong dan solder, testing jangan hingga salah pasang. Kalau kebalik ketika tombol PW ditekan naik malah beling turun dan sebaliknya. 
  • Pasang kembali regulator dan kaca, balikkan doortrim dan selesai. Ada baiknya dites dulu semoga ga hingga selesai gres tertangkap berair bila kebalik / bermasalah. 

Regards,
Singachu

Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent

Click to comment