!---->

Type something and hit enter

ads here
On
Ganti Shockbreaker Belakang Aerio Dengan Kyb Excel G
Gambar 1 - Shockbreaker KYB Excel G belakang Aerio

Otomotif Indonesia -Aerio lagi banyak pe-er nih. Kalau ahad kemudian benerin alternator di A Long Dinamo Sidoarjo, kini giliran Shock Breaker belakang. Sebenernya ini shockbreaker udah usang banget bocor, tapi maklum dana lagi cekak jadinya ditunda-tunda. Terakhir pas kuras rem (ga ada dokumentasi) coba lihat kondisinya udah parah bener.

Dan jika belok kenceng terutama ke kiri, terus ada geronjalan kerasa banget jika pantat Aerio kebuang/ ban belakang bergeser sebab shock udah ga sanggup nahan bobot kendaraan lagi. Demikian juga jika lewat jalan yang bergelombang, mulus ga berlubang tapi kontur jalan ga rata, maka kerasa goyangan kendaraan beroda empat berlebihan, serasa mengayun dan tidak stabil.

Akhirnya coba-coba hunting, telpon ke kedungdoro untuk shockbreaker belakang KYB Premium ada yang menunjukkan harga 925rb dan 950rb, sedangkan KYB Excel G buatan Malaysia seharga 1.2 jt. Cari juga di toped, eh nemu KYB Excel G buatan Malaysia seharga 890rb, plus ongkir 1jt lebih dikit. Masih lebih murah daripada ke Kedungdoro langsung, dan barang hingga di tempat, jika ke kedungdoro mesti sabtu dan jauh dari rumah, bensin, parkir, tol, berasa juga. Ya udah putuskan beli di toped. O ya harga untuk sepasang kanan kiri.

Gambar 2 - Harga toped ketika itu, barusan cek harga sudah naik cukup banyak

Seharusnya ahad kemarin barangnya datang, namun sebab ada hambatan di ekspedisi akibatnya gres diterima ahad ini. Hasil tanya-tanya di grup AIC Jawa Timur, sanggup rekomendasi bengkel di Adhi Putra. Ya udah sekalian ganti karet balljoint kanan yang tertangkap lembap sobek ketika betulin alternator di A Long.

Gambar 3- KYB Excel G arahan 333357, tipe Nitrogen alias Gas

Gambar 4 - KYB Excel G arahan 333356

Gambar 5 - KYB Excel G arahan 333356

Gambar 6 - KYB Excel G arahan 333357

Gambar 7 - Ada kupingan buat kabel ABS dan kupingan link stabil untuk Aerio New Model

Gambar 8 - tes lepas kawat penahan, batang naik dengan sempurna

Datang ke Adhi Putra pagi-pagi sebelum jam 8 sudah hingga sana, ternyata sudah antri dan newbie urutan ke 5. Ngobrol-ngobrol dengan sesama customer dan nunggu para mekanik datang. Akhirnya jam 8:35 an tiba dan mulai digarap.... ya antri dulu.

Gambar 9 - bengkel Adhi Putra, image dari Google Street

Gambar 10 - Google Map

Om Fian dari AIC Surabaya join agak siang tiba ke lokasi, ada yang mau dibetulin, jadi sekalian kita ketemu dan ngobrol-ngobrol sambil menunggu antrian.

Akhirnya giliran newbie. Karena bawa sendiri shockbreaker jadi sanggup pribadi dikerjakan, saran aja jika ke sana untuk part yang sifatnya khusus mending bawa sendiri supaya cepet. Kalau part yang sifatnya umum menyerupai karet stopper, karet balljoint masih ok ada persediaan, sedangkan jika karet bushing arm mending bawa sendiri jika memang pecah.

Gambar 11 - shock breaker sebelah kiri belakang dilepas dulu

Gambar 12 - jika ini shockbreaker kanan belakang yang difoto

Kedua shockbreaker memang bocor, hanya shock breaker kanan belakang yang paling parah, udah tertangkap lembap sih, dan kentara paling ga stabil jika belok kiri, sebab yang kanan shockbreakernya udah bocor abis jadi ga sanggup nahan bobot mobil.
Gambar 13 - karet stopper juga pecah, jadi diganti susun dua kuning dan hitam

Gambar 14 - Shock breaker kanan, sudah ga otomatis manjang lagi

Ternyata karet stoppernya pecah, jadi ya diganti aja materi dari bengkel. Karet warna kuning dan hitam digabung jadi satu. Support shock dan karet per bawah dan atas masih bagus.

Berikutnya minta karet balljoint kana diganti. Di sana juga ada, jadi dioles grease Lomba Kompetensi Siswa dan pasang karetnya aja. Setelah pasang newbie coba shake roda kanan depan dan terasa goyang. Setelah dicek lagi ya memang balljoint sudah oblak. Akhirnya arm dilepas lagi.

Gambar 15 - balljoint ganti karetnya

Gambar 16 - arm dilepas dan di press

Ternyata arm belum pernah di press, jadi di press dulu. Kalau misal sudah pernah di press, di Adhi Putra sanggup ganti dalemnya balljoint saja dengan teflon baru.

Setelah itu newbie minta sekalian yang depan kiri dicek. Kondisi masih ok. Selesai deh. Newbie ada 3 arm bekas yang balljointnya sudah oblak dan sudah bekas press, jadi newbie tinggal aja di sana untuk ganti teflonnya.

Gambar 17 - Nota

Total biaya 230rb untuk sepasang karet stopper, 1 karet balljoint, press balljoint kanan, dan jasa bongkar pasang shockbreaker kanan.

Gambar 18 - 'kantor' Adhi Putra, dibelakangnya ada daerah untuk press

Selesai dari sana, yang newbie rasakan bantingan cukup firm, tapi belum terasa sekali sih sebab jalanan tadi macet. Bantingan ga keras juga tapi juga tidak mengayun. Untuk balljoint tadi tidak ada suara apa-apa.

Sip, siap mudik.

Regards,
Singachu

Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent

Click to comment