!---->

Type something and hit enter

ads here
On
Ganti Rear Wheel Cylinder Assy Aka Master Rem Bawah Rem Tromol Belakang Next G / Aerio
Gambar 1 - Wheel cylinder / master rem belakang brand SANYCO

Asia Otomotif  - Waktu ganti kampas rem tromol belakang, udah ngeliat jikalau ada bocor minyak rem dari master rem di tromol kiri.

Cuman waktu itu dibersihkan sambil siap-siap. Tapi ternyata sehabis beberapa hari dari ganti kampas rem, minyak rem di reservoir hampir di garis minimum, padahal sudah dipastikan isi di garis max waktu pergantian kampas rem.

Ya jadinya beli master rem KW aja, sebenernya dapat beli repair kit / karet nya saja, cuman jikalau dinding cylindernya udah baret biasanya juga diganti karetnya ga akan bertahan lama.

Kapan kemudian pakai master rem atas KW merk Hasaki hasilnya ok, kali ini coba kw juga brand SANYCO. Beli di toped, harga 91rb, kebetulan ada promo free ongkir.

Gambar 2 - diagram rear wheel brake

12. 53401-63B00 CYLINDER ASSY, REAR WHEEL RH

13. 53402-63B00 CYLINDER ASSY, REAR WHEEL LH

14. 53400-70810 .PISTON CUP/BOOT SET

Nah yang newbie ganti yang no 13, bab kiri belakang dengan aba-aba part 53402-63B00. Sebenernya dapat ganti karetnya saja no 14. Jangan salah beli kiri dan kanan ya alasannya beda posisi pipa minyak remnya (gambar 3).

Gambar 3 - Bagian untuk ke pipa minyak rem dan bleeding rem

Gambar 4 - Bab bawah

Step-step :

Langkah pertama tentu dongkrak mobil. Pastikan roda depan diganjal. Step-step sama menyerupai membersihkan rem yang pernah diulas di sini.

Setelah tromol dilepas, terlihat wheel cylinder aka master rem belakang yang mau diganti, dapat dilihat posisinya menyerupai di gambar 5, dan baut-baut yang dilepas di gambar 6.

Gambar 5 - Perbandingan wheel cylinder SANYCO dengan ori

Gambar 6 - dua buah baut pengikat dan 1 baut pipa minyak rem

Bersihkan kotoran dari bab luar wheel cylinder (gambar 6). Foto ini dari balik rem tromol jadi bukan di dalamnya. Karena ada di luar jadinya banyak kotoran yang nempel, dapat dibersihkan dengan sikat gigi dulu untuk meminimalisir kotoran.

Pertama lepaskan dulu baut dari pipa minyak rem. Pipa ga dapat dicabut atau dikeluarkan total alasannya pipa dari logam jadi kaku dan masih ada dudukan pipa yang megang. Biarkan saja ga perlu dilepas total. Minyak rem mulai keluar dari pipa, biarkan saja atau tampung. Bisa juga baut dipasang dulu pakai tangan semoga ga terlalu banyak minyak rem yang terbuang.

Selanjutnya buka 2 baut pengikat yang ada di bawah pipa (gambar 6). Lepas total bautnya. Untuk nepel bleeding rem ga usah diotak-atik.

Kendorkan lagi baut pipa jikalau tadi sempat dipasang ulang. Selanjutnya keluarkan wheel cylinder dari arah dalam tromol keluar. Geser bab belakang dulu keluar supaya nepel bleeding bsia lewat lubang yang ada.

Gambar 7 - Wheel cylinder gres terpasang

Foto kondisi sehabis terlepas ga kefoto, tangan udah belepotan minyak rem soalnya :D Langsung saja dipasang wheel cylinder yang baru, mulai dari nepel bleeding dimasukkan dulu melalui lubang, pas-kan posisi pipa minyak rem, sehabis itu pas-kan posisi penonjok brake shoe kanan dan kirinya.

Pasang dulu dua baut pengikat cylinder rem dari belakang. Ini perlu pencahayaan yang pas semoga lezat pasangnya. Ga perlu terlalu kencang dulu, asal pas.

Berikutnya pasang baut pipa minyak rem.

Setelah dipastikan posisi udah pas semua, gres lalukan pengencangan terhadap dua baut pengikat dulu dan dilanjutkan dengan baut pipa minyak rem. Terpasang menyerupai gambar 8.

Gambar 8 - terpasang

Cuci higienis dengan air untuk minyak rem yang tercecer baik di dalam dan diluar tromol.

Pasang kembali tromol

Lakukan bleeding minyak rem. Harusnya ga terlalu banyak berkurang minyak rem-nya. Jangan lupa isi kembali reservoir hingga garis max.

Pasang kembali roda dan test drive.

Selesai

Berikut di bawah ialah foto-foto wheel cylinder ori yang sudah dilepas :

Gambar 9

Gambar 10

Gambar 11

Gambar 12 - ini yang bocor, terlihat coklat-coklat keluar padahal sudah dibersihkan

Gambar 13 - dibersihkan terlihat ada baret di cylindernya

Gambar 14 - Bab dalam

Gambar 15 - Ini sisi satunya yang ga bocor

Gambar 16 - Ada baret dikit tapi ga hingga bocor

Kondisi karet sedikit mengeras yang sisi bocor, dapat dicoba juga untuk ganti karetnya saja.

Regards,
Singachu

Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent

Click to comment